Latihan Soal PK PPKB GPAI 2023
1.
Kepanjangan PPKB adalah
....
a.
Program Peningkatan
Keprofesian Berkelanjutan
b.
Program Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan
c.
Program Penguatan
Keprofesian Berkelanjutan
d.
Program Penilaian Kinerja
Berkelanjutan
2.
Pengembangan Keprofesian
Guru diatur melalui Peraturan Menteri Negara PAN-RB Nomor....
a.
16 tahun 2009
b.
35 tahun 2010
c.
46 tahun 2011
d. 38 tahun 2018
3.
Sasaran program PKB-GPAI
adalah sebagai berikut, kecuali....
a.
GPAI PNS
b.
GPAI non PNS
tersertifikasi
c.
GPAI terdaftar di sistem
data kemenag
d.
GPAI honorer murni
4.
Berikut adalah bukan
termasuk personil yang terlibat dalam pelaksanaan PKB-GPAI yaitu .....
a.
Tim Penjamin Mutu
b.
Tim data dan Informasi
c.
Tim Pengembang PKB
d.
Tim MGMP
5.
Siklus Pelaksanaan
PKB-GPAI diawali dengan....
a.
Penilai PKG Membuat Profil
Guru
b.
Penilai PKG dan KKG/MGMP
membuat perencanaan PKB
c.
GPAI mengikuti kegiatan
EVADIR dan pemetaan kompetensi
d.
Penilai PKG melaksanakan
PKG akhir tahun
6.
Perhatikan narasi berikut!
Bu Ipat menggunakan slide
presentasi tentang thaharah dengan power point selama melaksanakan pembelajaran
agar pembelajaran lebih menarik bagi peserta didik.
Berdasarkan narasi tersebut,
komponen pembelajaran yang dikembangkan adalah ….
a.
Bahan Ajar
b.
Metode
c.
Asesmen
d.
Media
7.
Perhatikan pernyataan
berikut!
1)
Guru menentukan model
pembelajaran kontekstual.
2)
2.Pembelajaran bersifat
teacher centered
3)
peserta didik tidak
terlibat langsung dalam perencanaan.
4)
Guru memberikan peserta
didik untuk mengeksplor materi dan mengungkapkan gagasan.
5)
Guru memberikan ruang
untuk mendorong belajar secara kolaborasi dengan gaya belajar mereka sendiri.
Pernyataan yang merupakan tahapan
pembelajaran holistik adalah .…
a.
(1), (2), dan (3)
b.
(1), (3) dan (4)
c.
(1), (3), dan (5)
d.
(1), (4) dan (5)
8.
Perhatikan pernyataan
berikut!
Generasi Z memiliki kecenderungan
pada teknologi yang begitu besar. Hal tersebut terlihat dari keseharian yang
tidak pernah lepas dari penggunaan teknologi. Potensi tersebut harus disikapi
oleh guru termasuk dalam memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan
kecenderungan mereka.
Tindakan yang mencerminkan
strategi belajar yang paling tepat untuk melayani generasi Z dengan potensi
tersebut adalah….
a.
Mengurangi jam pelajaran
dan tatap muka
b.
peserta didik untuk
berkolaborasi dan kelompok
c.
Mengganti buku cetak
dengan buku elektronik
d.
Mengemas materi ke dalam
topik yang lebih khusus
9.
Perhatikan pernyataan
berikut!
Komunikasi dalam pembelajaran
merupakan kemampuan guru dalam menyampaikan pesan (materi pembelajaran) kepada
peserta didik sehingga peserta didik dengan cepat dan mudah memahaminya.
Berikut ini bukan merupakan
kompetensi komunikasi yang harus dimiliki oleh guru PAI adalah ….
a.
Menggunakan bahasa lugas,
tidak berbelit-belit
b.
Membangun komunikasi yang
efektif dengan kepala sekolah, rekan guru maupun peserta didik
c.
Merespon setiap pembicaraan
yang dilakukan dengan peserta didik
d.
Menggunakan kata-kata
sederhana, tidak berulang-ulang
10. Perhatikan
pernyataan berikut!
1)
Menjadi pemimpin dan
penyemangat kegiatan-kegiatan budaya keagamaan di sekolah
2)
Menjadi frontliner dalam
upaya memasukkan nilai-nilai moderasi beragama di tingkat gugus
3)
Menjadi teladan untuk
memiliki etika berkomunikasi dengan warga masyarakat
4)
Menjadi influencer untuk
kegiatan ormas keagamaan atau ormas kepemudaan
5)
5. Menjadi observer pada kegiatan-kegiatan lesson study di tingkat
KKG/MGMP
Yang merupakan contoh komunikasi
yang efektif antara guru dengan lingkungan sosial di sekolah ditunjukkan pada
nomor ….
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
11. Perhatikan
pernyataan berikut!
1)
Lintas Budaya
2)
Budaya Sekolah
3)
Budaya Kelas
4)
Budaya Religius
5)
Budaya Kebiasaan
Upaya membangun dan mengembangkan
budaya religius sebagai bentuk pengembangan PAI merupakan tanggung jawab
kolektif yang tidak hanya dibebankan kepada Guru PAI saja, namun memerlukan
kolaborasi dan komunikasi yang efektif dari seluruh ekosistem sekolah.
Berdasarkan hal tersebut, upaya pengembangan
PAI dapat ditempuh melalui ….
a.
(3), (4), dan (5)
b.
(2), (3), dan (4)
c.
(1), (3), dan (5)
d.
(1), (2), dan (4)
12. Pertanyaan
Perhatikan contoh karya seni
berikut!
(1) Seni pertunjukan teater
“Keteguhan Sahabat Bilal”
(2) Film berjudul “Indahnya
Kejujuran dalam Islam”
(3) Cerpen berjudul “Remaja
Metropolitan”
(4) Kreasi busana muslimah
(5) Fotografi keindahan alam
Yang merupakan contoh kaya seni
PAI terdapat pada nomor ....
a.
(1), (2), dan (3)
b.
(1), (2), dan (4)
c.
(2), (3), dan (5)
d.
(2), (4), dan (5)
13. "Penilaian
diri GPAI menggunakan Instrumen Penilaian Kinerja GPAI" adalah pengertian
dari ....
a.
Pemetaan kompetensi
b.
Evaluasi Diri
c.
Penilain Kinerja Guru
d.
Sasaran KInerja Pegawai
14. Guru
Pendidikan Agama Islam harus memiliki kompetensi sebanyak ....
a.
3 Kompetensi
b.
4 Kompetensi
c.
5 Kompetensi
d. 6 Kompetensi
15. Perhatikan
pernyataan berikut!
(1) interaksi guru dengan murid
lebih meningkat
(2) mempermudah dalam memahami
konsep
(3) guru dituntut lebih kreatif
dan inovatif
(4) bahan lebih mudah dihayati
(5) guru menjadi ringan dalam
mengajar
Dari demonstrasi tersebut, yang
termasuk manfaat alat pelajaran/alat peraga bagi siswa terdapat padanomor …
a.
(3), (4), dan (5)
b.
(2), (3), dan (5)
c.
(1), (3), dan (5)
d.
(1), (2), dan (4)
16. Perhatikan
KD Pendidikan Agama Islam berikut ini!
(1) menganalisis dan mengevaluasi
ketentuan thohara
(2) menyajikan prinsip-prinsip
thaharah
Alat pelajaran/alat peraga yang
bisa diciptakan guru terkait dengan KD tersebut adalah….
a.
Presentasi power point
tentang tharahah
b.
Karton yang berisi dalil
tentang thaharah
c.
Gambar/poster tentang
thaharah
d.
Bermain peran tentang
thaharah
17. Perhatikan
regulasi berikut !
(1) Peraturan Menteri Agama No.
55 tahun 2007
(2) Peraturan Pemerintah no. 74
tahun 2008
(3) Permenpan Reformasi Birokrasi
no. 16 tahun 2009
(4) Permenristek Dikti no. 55
tahun 2017
(5) Peraturan Pemerintah no. 19
tahun 2017
(6) Peraturan Menteri Agama No.
38 Tahun 2018
(7) Perdirjen GTK No.
6565/B/GT/2020
Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan Guru diatur dalam regulasi …
a.
(1), (3), dan (5)
b.
(1), (4), dan (7)
c.
(2), (3), dan (6)
d.
(2), (4), dan (7)
18. Kegiatan
yang termasuk dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah ....
a.
Pengembangan Diri,
Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif
b.
Pengembangan Diri, Karya
Ilmiah dan Karya Inovatif
c.
Pengembangan Diri,
Publikasi Diri dan Karya Inovatif
d.
Pengembangan Diri, Karya
Ilmiah dan Karya Inovatif
19. Teori
belajar yang berbicara tentang perubahan tingkah laku sebagai akibat adanya
interaksi antara stimulus (rangsangan) dan respon (tanggapan) adalah .....
a.
kognitif
b.
behavioristik
c.
Konstruktivistik
d.
humanistik
20. "Kompetensi
dan kinerja Guru PAI perlu peningkatan dan pengembangan secara terukur,
sistematis dan berkelanjutan"
pernyataan di atas adalah ....
a.
Tujuan PKB-GPAI
b.
Fungsi PKB-GPAI
c.
Pentingnya PKB-GPAI
d.
Sasaran PKB-GPAI
21. Pernyataan-pernyataan
berikut terkait teknologi tepat guna!
(1) karya teknologi yang
digunakan di sekolah atau di masyarakat,
(2) karya teknologi dapat
membantu umat Islam dalam menjalankan ibadah
(3) karya teknologi mengandung
inovasi dan bermanfaat bagi pembelajaran agama Islam dan/ataupelaksanaan ajaran
Islam.
Pernyataan-pernyataan tersebut
merupakan … teknologi tepat guna PAI
a.
Pengembangan Diri,
Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif
b.
Pengembangan Diri,
Publikasi Diri dan PTK
c.
Pengembangan Diri, Publikasi
Diri dan Karya Inovatif
d. Pengembangan Diri, Karya Ilmiah dan Karya Inovati
22. Pak
Tama membuat sebuah karya pengembangan model pembelajaran yang sudah divideokan
dengan durasi 45 menit. Karya beliau dinilai bagus oleh pihak sekolah sehingga
digunakan sebagai model pelatihan bagi guru-guru di sekolahnya. Karya pak Tama
tersebut termasuk dalam kategori …
a.
Mudah
b.
Kompleks
c.
Sederhana
d.
Rumit
23. Berikut
ini bukan pelatihan PKB yang dapat diikuti GPAI setelah mengikuti PK Online
adalah ....
a.
Pelatihan Pedagogik 1
b.
Pelatihan Pedagogik 2
c.
Pelatihan Pedagogik 3
d.
Pelatihan Manajemen
Sekolah
24. Ketika
sedang mengikuti ujian, Ilham mengalami kesulitan. Namun Ilham tidak berani
menyontek dikarenakan Ilham sadar dan tahu akan adanya malaikat Allah Swt yang
selalu mengawal setiap gerak gerik kehidupannya. Malaikat Allah yang bertugas
mendampingi manusia adalah ....
a.
Munkar dan Nakir
b.
Malik dan Ridwan
c.
Jubril dan Mikail
d.
Rakib dan Atid
25. Wahyu
pertama kali diterima oleh Nabi Muhamad Saw pada tanggal ....
a.
21 Ramadhan
b.
17 Ramadhan
c.
15 Ramadhan
d.
10 Ramadhan
26. Kompetensi
guru dalam melakukan penilaian pembelajaran adalah bagian dari kompetensi ....
a.
Pedagogik 1
b.
Pedagogik 2
c.
Pedagogik 3
d.
Profesional 1
27. Hari
perhitungan seluruh amal perbuatan manusia disebut ....
a.
Yaumul Hisab
b.
Yaumul Qiyamah
c.
Yaumuddin
d.
Yaumul Mizan
28. Perhatikan
penggalan surat al-Hujurat ayat 13 berikut!
وَجَعَلْنٰكُمْ
شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ
Terjemah ayat al-Qur'an yang
bergaris bawah adalah….
a.
Berbangsa-bangsa dan
bersuku-suku
b.
Agar kamu saling mengerti
c.
Seorang laki-laki dan
seorang perempuan
d.
Bersikap jujur dalam
segalanya
29. Tindakan
yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami
pelajaran yang sedang diajarkan adalah ....
a.
Mengulang kembali bahan
yang diajarkan
b.
Memberikan tugas agar
siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
c.
Memberikan buku sumber
untuk dipelajari siswa
d.
Membantu setiap siswa yang
mengalami kesulitan
30. Komponen
sistematika Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, mengacu pada ....
a.
Permendikbud Nomor 22
tahun 2016
b.
Permendikbud Nomor 23
tahun 2016
c.
Permendikbud Nomor 24
tahun 2016
d.
Permendikbud Nomor 21
tahun 2016
31. Model
Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yaitu....
a.
Merupakan pembelajaran
yang menggunakans berbagai kemampuan berpikir dari peserta didik secara
individu maupun kelompok serta lingkungan nyata (autentik) untuk mengatasi
permasalahan sehingga bermakna, relevan, dan kontekstual
b.
Model pembelajaran yang
dirancang membawa peserta didik dalam proses penelitian melalui penyelidikan
dan penjelasan dalam setting waktu yang singkat
c.
Model pembelajaran
merupakan pembelajaran dengan menggunakan proyek nyata dalam kehidupan yang
didasarkan pada motivasi tinggi, pertanyaan, tugas-tugas atau permasalahan
untuk membentuk penguasaan kompetensi yang dilakukan secara kerja sama dalam
upaya memecahkan masalah
d.
Model pembelajaranadalah
memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya
sampai kepada suatu kesimpulan
32. Dalam
mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru sebaiknya memperhatikan beberapa
faktor di bawah ini, kecuali satu yakni ....
a.
Metode mengajar yang
digunakan guru
b.
Waktu yang tersedia untuk
kegiatan pembelajaran
c.
Buku sumber yang digunakan
dalam pembelajaran
d.
Karakteristik bahan ajar
33. Kemampuan
berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan
obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia ....
a.
0-2 tahun
b.
2-7 tahun
c.
7-12 tahun
d.
12-15 tahun
34. Benjamin
S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut ....
a.
ingatan; pemahaman,
analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
b.
ingatan, pemahaman,
aplikasi, síntesis, analisis dan
evaluasi
c.
ingatan, pemahaman,
aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
d.
ingatan, pemahaman,
analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
35. Dalam
meningkatkan Kompetensi guru PAI, maka perlu dilaksanakan PKB. Pengertian dari
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah ....
a.
Pengembangan kompetensi
guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk
meningkatkan profesionalitasnya
b.
Pengembangan kompetensi
guru yang dilaksanakan secara terencana berkelanjutan untuk meningkatkan
profesionalitasnya
c.
Pengembangan kompetensi
guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, dan terus menerus untuk meningkatkan
profesionalitasnya
d.
Pengembangan kompetensi
guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, dan terus menerus dan hanya
guruyang bersertifikasi saja yang mengikuti
36. Menurut
teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator,
dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini
berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari
sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
a.
Humanistik
b.
konstruktivisme
c.
kognitivisme
d.
Sibernitik
37. Seorang
peserta mampu mengendalikan diri dengan baik dalam berbagai situasi dan mampu
mampu menjalin kerjasama yang baik dengan teman-temannya, dan mampu
memposisikan diri di lingkungan dengan baik.
Peserta didik tersebut memiliki
kecerdasan…
a.
moral
b.
spritual
c.
sosial emosional
d.
kognitif
38. Dalam
teori Taksonomi Bloom, Ranah kognitif pada tingkat jenjang SMA/SMK terdapat
pada ...
a.
C-2
b.
C-3
c.
C-4
d.
C-5
39. Jika
seorang guru melakukan aktifitas pembelajaran sebagai berikut:
1) Membekali murid tidak hanya
dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan pada kemampuan penguasaan dalam proses
berfikir dan berkomunikasi,
2) Berperan sebagai fasilitator
dan pembimbing belajar peserta didik.
3) Melakukan penilaian yang
mencakup cara-cara penyelesaian masalah dengan berpatokan pada aturan yang
berlaku, seperti peta konsep, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan
ujian komprehensif.
Maka guru tersebut dapat
dikatakan menggunakan pembelajaran yang berbasis ....
a.
Kognitivisme
b.
Behaviorisme
c.
Humanisme
d.
Konstruktivisme
40. Kompetensi
Guru Pendidikan Agama Islam di atur oleh ....
a.
Keputusan Menteri Agama RI
No. 200 Tahun 2011
b.
Keputusan Menteri Agama RI
No. 211 Tahun 2011
c.
Keputusan Menteri Agama RI
No. 288 Tahun 2010
d.
Keputusan Menteri Agama RI
No. 200 Tahun 2010
41. Perhatikan
langkah langkah di bawah ini
1)
Pemberian rangsangan
(Stimulation); Pernyataan/Identifikasi masalah
2)
(Problem Statement);
Pengumpulan data (Data
3)
Collection); Pembuktian
(Verification), dan Menarik simpulan/generalisasi
4)
(Generalization).
model pembelajaran yang sesuai
dengan langkah-langkah di atas adalah ....
a.
Discovery learning
b.
Inquiry Learning
c.
Problem Based Learning
d.
Project Based Learning
42. Komponen
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran terdiri
dari ....
a.
Identitas, kompetensi
Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media
pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
b.
Identitas, kompetensi
Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media
pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
c.
Identitas, kompetensi
Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber
belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
d.
Identitas, kompetensi
Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media
pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
43. Berikut
ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project
based learning :
1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal (Create a
Schedule),
4) Memonitor peserta didik dan
kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5) Menguji Hasil (Assess the
Outcome),
6) Mengevaluasi Pengalaman
(Evaluate the Experience).
a.
1-3-2-4-5-6
b.
1-3-2-5-6-4
c.
1-2-3-4-5-6
d.
1-4-3-2-5-6
44. Renacana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan
dalam satu kali pertemuan atau lebih. Dijabarkan dari....
a.
Silabus untuk pembuatan
indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD
b.
Silabus untuk pembuatan
tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD
c.
Silabus untuk pembuatan
ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD
d.
Silabus untuk mengarahkan
kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD
45. Dalam
mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data
(informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data
(informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri
dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali
itu merupakan bagian dari model pembelajaran…
a.
portofolio
b.
saintifik
c.
penemuan
d.
autentik
46. Keterampilan
abad ke-21 atau diistilahkan dengan 4C merupakan kemampuan sesungguhnya ingin
dituju dengan Kurikulum 2013. 4C itu antara lain.....
a.
Communication,
cooperative, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and
Innovation
b.
conektivitas,
Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and
Innovation
c.
Communication,
Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and
Innovation
d.
Communication, flexsible,
Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation
47. Model
pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak
kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang
perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi
dengan tepat, adalah ….
a.
Role playing
b.
Inquiry
c.
Problem Solving
d.
Picture and Picture
48. Perkembangan
perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan
moral yang harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan perilaku moral,
seorang anak belajar melalui cara-cara berikut, kecuali ….
a.
Coba-ralat (trial and
error)
b.
Pendidikan langsung
c.
Identifikasi
d.
Observasi
49. Pembelajaran
Kontekstual dianggap pembelajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan
karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah …
a.
Membangkitkan minat siswa.
b.
Merangsang siswa lebih
aktif belajar.
c.
Memberi kesempatan siswa
berkreasi.
d.
Membiasakan siswa belajar
sesuai dengan lingkungan.
50. Berikut
ini yang tidak termasuk kegiatan karya inovatif adalah ...
a.
Menemukan teknologi tepat
guna
b.
Membuat/memodifikasi alat
pembelajaran
c.
Mengikuti pengembangan
penyusunan standar, pedoman, soal dan sejenisnya
d. Publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan, dan buku pedoman guru
Link mengerjakan soal di sini
Download soal di sini
Download Kunci Jawaban di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar