Assalamu'alaikum Warahmatullahi wa barakatuh.... Sugeng rawuh wonten ing Blog PORTAL GPAI ( Coretan Kecil GPAI Jalur Selatan )...Kula hangaturaken maturnuwun sampun kersa pinarak... Mugi-mugi migunani tumrapipun Panjenengan sedaya....Jazakumullahu khairan...

Senin, 08 Mei 2023

Latihan Soal PK PPKB GPAI

 Latihan Soal PK PPKB GPAI 2023

    1.      Kepanjangan PPKB adalah ....

a.       Program Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan

b.      Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

c.       Program Penguatan Keprofesian Berkelanjutan

d.      Program Penilaian Kinerja Berkelanjutan

    2.      Pengembangan Keprofesian Guru diatur melalui Peraturan Menteri Negara PAN-RB Nomor....

a.       16 tahun 2009

b.      35 tahun 2010

c.       46 tahun 2011

d.      38 tahun 2018

    3.      Sasaran program PKB-GPAI adalah sebagai berikut, kecuali....

a.       GPAI PNS

b.      GPAI non PNS tersertifikasi

c.       GPAI terdaftar di sistem data kemenag

d.      GPAI honorer murni

    4.      Berikut adalah bukan termasuk personil yang terlibat dalam pelaksanaan PKB-GPAI yaitu .....

a.       Tim Penjamin Mutu

b.      Tim data dan Informasi

c.       Tim Pengembang PKB

d.      Tim MGMP

    5.      Siklus Pelaksanaan PKB-GPAI diawali dengan....

a.       Penilai PKG Membuat Profil Guru

b.      Penilai PKG dan KKG/MGMP membuat perencanaan PKB

c.       GPAI mengikuti kegiatan EVADIR dan pemetaan kompetensi

d.      Penilai PKG melaksanakan PKG akhir tahun

     6.      Perhatikan narasi berikut!

Bu Ipat menggunakan slide presentasi tentang thaharah dengan power point selama melaksanakan pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik bagi peserta didik.

Berdasarkan narasi tersebut, komponen pembelajaran yang dikembangkan adalah ….

a.       Bahan Ajar

b.      Metode

c.       Asesmen

d.      Media

    7.      Perhatikan pernyataan berikut!

1)     Guru menentukan model pembelajaran kontekstual.

2)     2.Pembelajaran bersifat teacher centered

3)     peserta didik tidak terlibat langsung dalam perencanaan.

4)     Guru memberikan peserta didik untuk mengeksplor materi dan mengungkapkan gagasan.

5)     Guru memberikan ruang untuk mendorong belajar secara kolaborasi dengan gaya belajar mereka sendiri.

     Pernyataan yang merupakan tahapan pembelajaran holistik adalah .…

a.        (1), (2), dan (3)

b.      (1), (3) dan (4)

c.       (1), (3), dan (5)

d.      (1), (4) dan (5)

    8.      Perhatikan pernyataan berikut!

Generasi Z memiliki kecenderungan pada teknologi yang begitu besar. Hal tersebut terlihat dari keseharian yang tidak pernah lepas dari penggunaan teknologi. Potensi tersebut harus disikapi oleh guru termasuk dalam memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan kecenderungan mereka.

Tindakan yang mencerminkan strategi belajar yang paling tepat untuk melayani generasi Z dengan potensi tersebut adalah….

a.       Mengurangi jam pelajaran dan tatap muka

b.      peserta didik untuk berkolaborasi dan kelompok

c.       Mengganti buku cetak dengan buku elektronik

d.      Mengemas materi ke dalam topik yang lebih khusus

 

    9.      Perhatikan pernyataan berikut!

Komunikasi dalam pembelajaran merupakan kemampuan guru dalam menyampaikan pesan (materi pembelajaran) kepada peserta didik sehingga peserta didik dengan cepat dan mudah memahaminya.

Berikut ini bukan merupakan kompetensi komunikasi yang harus dimiliki oleh guru PAI adalah ….

a.       Menggunakan bahasa lugas, tidak berbelit-belit

b.      Membangun komunikasi yang efektif dengan kepala sekolah, rekan guru maupun peserta didik

c.       Merespon setiap pembicaraan yang dilakukan dengan peserta didik

d.      Menggunakan kata-kata sederhana, tidak berulang-ulang

    10.  Perhatikan pernyataan berikut!

1)     Menjadi pemimpin dan penyemangat kegiatan-kegiatan budaya keagamaan di sekolah

2)     Menjadi frontliner dalam upaya memasukkan nilai-nilai moderasi beragama di tingkat gugus

3)     Menjadi teladan untuk memiliki etika berkomunikasi dengan warga masyarakat

4)     Menjadi influencer untuk kegiatan ormas keagamaan atau ormas kepemudaan

5)     5. Menjadi observer   pada kegiatan-kegiatan lesson study di tingkat KKG/MGMP

Yang merupakan contoh komunikasi yang efektif antara guru dengan lingkungan sosial di sekolah ditunjukkan pada nomor ….

a.        (1)

b.      (2)

c.       (3)

d.      (4)

    11.  Perhatikan pernyataan berikut!

1)     Lintas Budaya

2)     Budaya Sekolah

3)     Budaya Kelas

4)     Budaya Religius

5)     Budaya Kebiasaan

Upaya membangun dan mengembangkan budaya religius sebagai bentuk pengembangan PAI merupakan tanggung jawab kolektif yang tidak hanya dibebankan kepada Guru PAI saja, namun memerlukan kolaborasi dan komunikasi yang efektif dari seluruh ekosistem sekolah. 

 Berdasarkan hal tersebut, upaya pengembangan PAI dapat ditempuh melalui ….

a.        (3), (4), dan (5)

b.      (2), (3), dan (4)

c.       (1), (3), dan (5)

d.      (1), (2), dan (4)

    12.  Pertanyaan

Perhatikan contoh karya seni berikut!

(1) Seni pertunjukan teater “Keteguhan Sahabat Bilal”

(2) Film berjudul “Indahnya Kejujuran dalam Islam”

(3) Cerpen berjudul “Remaja Metropolitan”

(4) Kreasi busana muslimah

(5) Fotografi keindahan alam

Yang merupakan contoh kaya seni PAI terdapat pada nomor ....

a.        (1), (2), dan (3)

b.      (1), (2), dan (4)

c.       (2), (3), dan (5)

d.      (2), (4), dan (5)

     13.  "Penilaian diri GPAI menggunakan Instrumen Penilaian Kinerja GPAI" adalah pengertian dari ....

a.       Pemetaan kompetensi

b.      Evaluasi Diri

c.       Penilain Kinerja Guru

d.      Sasaran KInerja Pegawai

    14.  Guru Pendidikan Agama Islam harus memiliki kompetensi sebanyak ....

a.       3 Kompetensi

b.      4 Kompetensi

c.       5 Kompetensi

d.      6 Kompetensi 

    15.  Perhatikan pernyataan berikut!

(1) interaksi guru dengan murid lebih meningkat

(2) mempermudah dalam memahami konsep

(3) guru dituntut lebih kreatif dan inovatif

(4) bahan lebih mudah dihayati

(5) guru menjadi ringan dalam mengajar

Dari demonstrasi tersebut, yang termasuk manfaat alat pelajaran/alat peraga bagi siswa terdapat padanomor …

a.        (3), (4), dan (5)

b.      (2), (3), dan (5)

c.       (1), (3), dan (5)

d.      (1), (2), dan (4)

    16.  Perhatikan KD Pendidikan Agama Islam berikut ini!

(1) menganalisis dan mengevaluasi ketentuan thohara

(2) menyajikan prinsip-prinsip thaharah

Alat pelajaran/alat peraga yang bisa diciptakan guru terkait dengan KD tersebut adalah….

a.       Presentasi power point tentang tharahah

b.      Karton yang berisi dalil tentang thaharah

c.       Gambar/poster tentang thaharah

d.      Bermain peran tentang thaharah

    17.  Perhatikan regulasi berikut !

(1) Peraturan Menteri Agama No. 55 tahun 2007

(2) Peraturan Pemerintah no. 74 tahun 2008

(3) Permenpan Reformasi Birokrasi no. 16 tahun 2009

(4) Permenristek Dikti no. 55 tahun 2017

(5) Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2017

(6) Peraturan Menteri Agama No. 38 Tahun 2018

(7) Perdirjen GTK No. 6565/B/GT/2020

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru diatur dalam regulasi …

a.        (1), (3), dan (5)

b.      (1), (4), dan (7)

c.       (2), (3), dan (6)

d.      (2), (4), dan (7)

    18.  Kegiatan yang termasuk dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah ....

a.       Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif

b.      Pengembangan Diri, Karya Ilmiah dan Karya Inovatif

c.       Pengembangan Diri, Publikasi Diri dan Karya Inovatif

d.      Pengembangan Diri, Karya Ilmiah dan Karya Inovatif

    19.  Teori belajar yang berbicara tentang perubahan tingkah laku sebagai akibat adanya interaksi antara stimulus (rangsangan) dan respon (tanggapan) adalah .....

a.       kognitif

b.      behavioristik

c.       Konstruktivistik

d.      humanistik

    20.  "Kompetensi dan kinerja Guru PAI perlu peningkatan dan pengembangan secara terukur, sistematis dan berkelanjutan"

pernyataan di atas adalah ....

a.       Tujuan PKB-GPAI

b.      Fungsi PKB-GPAI

c.       Pentingnya PKB-GPAI

d.      Sasaran PKB-GPAI

    21.  Pernyataan-pernyataan berikut terkait teknologi tepat guna!

(1) karya teknologi yang digunakan di sekolah atau di masyarakat,

(2) karya teknologi dapat membantu umat Islam dalam menjalankan ibadah

(3) karya teknologi mengandung inovasi dan bermanfaat bagi pembelajaran agama Islam dan/ataupelaksanaan ajaran Islam.

Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan … teknologi tepat guna PAI

a.       Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif

b.      Pengembangan Diri, Publikasi Diri dan PTK

c.       Pengembangan Diri, Publikasi Diri dan Karya Inovatif

d.      Pengembangan Diri, Karya Ilmiah dan Karya Inovati

    22.  Pak Tama membuat sebuah karya pengembangan model pembelajaran yang sudah divideokan dengan durasi 45 menit. Karya beliau dinilai bagus oleh pihak sekolah sehingga digunakan sebagai model pelatihan bagi guru-guru di sekolahnya. Karya pak Tama tersebut termasuk dalam kategori …

a.       Mudah

b.      Kompleks

c.       Sederhana

d.      Rumit

    23.  Berikut ini bukan pelatihan PKB yang dapat diikuti GPAI setelah mengikuti PK Online adalah ....

a.       Pelatihan Pedagogik 1

b.      Pelatihan Pedagogik 2

c.       Pelatihan Pedagogik 3

d.      Pelatihan Manajemen Sekolah

    24.  Ketika sedang mengikuti ujian, Ilham mengalami kesulitan. Namun Ilham tidak berani menyontek dikarenakan Ilham sadar dan tahu akan adanya malaikat Allah Swt yang selalu mengawal setiap gerak gerik kehidupannya. Malaikat Allah yang bertugas mendampingi manusia adalah ....

a.       Munkar dan Nakir

b.      Malik dan Ridwan

c.       Jubril dan Mikail

d.      Rakib dan Atid

    25.  Wahyu pertama kali diterima oleh Nabi Muhamad Saw pada tanggal ....

a.       21 Ramadhan

b.      17 Ramadhan

c.       15 Ramadhan

d.      10 Ramadhan

    26.  Kompetensi guru dalam melakukan penilaian pembelajaran adalah bagian dari kompetensi ....

a.       Pedagogik 1

b.      Pedagogik 2

c.       Pedagogik 3

d.      Profesional 1

    27.  Hari perhitungan seluruh amal perbuatan manusia disebut ....

a.       Yaumul Hisab

b.      Yaumul Qiyamah

c.       Yaumuddin

d.      Yaumul Mizan

    28.  Perhatikan penggalan surat al-Hujurat ayat 13 berikut!

وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ

Terjemah ayat al-Qur'an yang bergaris bawah adalah….

a.       Berbangsa-bangsa dan bersuku-suku

b.      Agar kamu saling mengerti

c.       Seorang laki-laki dan seorang perempuan

d.      Bersikap jujur ​​dalam segalanya

    29.  Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah ....

a.       Mengulang kembali bahan yang diajarkan

b.      Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami

c.       Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa

d.      Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan

    30.  Komponen sistematika Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, mengacu pada ....

a.       Permendikbud Nomor 22 tahun 2016

b.      Permendikbud Nomor 23 tahun 2016

c.       Permendikbud Nomor 24 tahun 2016

d.      Permendikbud Nomor 21 tahun 2016

    31.  Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yaitu....

a.       Merupakan pembelajaran yang menggunakans berbagai kemampuan berpikir dari peserta didik secara individu maupun kelompok serta lingkungan nyata (autentik) untuk mengatasi permasalahan sehingga bermakna, relevan, dan kontekstual

b.      Model pembelajaran yang dirancang membawa peserta didik dalam proses penelitian melalui penyelidikan dan penjelasan dalam setting waktu yang singkat

c.       Model pembelajaran merupakan pembelajaran dengan menggunakan proyek nyata dalam kehidupan yang didasarkan pada motivasi tinggi, pertanyaan, tugas-tugas atau permasalahan untuk membentuk penguasaan kompetensi yang dilakukan secara kerja sama dalam upaya memecahkan masalah

d.      Model pembelajaranadalah memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan

    32.  Dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini, kecuali satu yakni ....

a.       Metode mengajar yang digunakan guru

b.      Waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran

c.       Buku sumber yang digunakan dalam pembelajaran

d.      Karakteristik bahan ajar

    33.  Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia ....

a.       0-2 tahun

b.      2-7 tahun

c.       7-12 tahun

d.      12-15 tahun

    34.  Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut ....

a.       ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;

b.      ingatan, pemahaman, aplikasi,  síntesis, analisis dan evaluasi

c.       ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi

d.      ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.

    35.  Dalam meningkatkan Kompetensi guru PAI, maka perlu dilaksanakan PKB. Pengertian dari Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah ....

a.       Pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya

b.      Pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan secara terencana berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya

c.       Pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, dan terus menerus untuk meningkatkan profesionalitasnya

d.      Pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, dan terus menerus dan hanya guruyang bersertifikasi saja yang mengikuti

    36.  Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….

a.       Humanistik

b.      konstruktivisme

c.       kognitivisme

d.      Sibernitik

    37.  Seorang peserta mampu mengendalikan diri dengan baik dalam berbagai situasi dan mampu mampu menjalin kerjasama yang baik dengan teman-temannya, dan mampu memposisikan diri di lingkungan dengan baik.

Peserta didik tersebut memiliki kecerdasan…

a.       moral

b.      spritual

c.       sosial emosional

d.      kognitif

    38.  Dalam teori Taksonomi Bloom, Ranah kognitif pada tingkat jenjang SMA/SMK terdapat pada ...

a.       C-2

b.      C-3

c.       C-4

d.      C-5

    39.  Jika seorang guru melakukan aktifitas pembelajaran sebagai berikut:

1) Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan pada kemampuan penguasaan dalam proses berfikir dan berkomunikasi,

2) Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing belajar peserta didik.

3) Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara penyelesaian masalah dengan berpatokan pada aturan yang berlaku, seperti peta konsep, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.

Maka guru tersebut dapat dikatakan menggunakan pembelajaran yang berbasis ....

a.       Kognitivisme

b.      Behaviorisme

c.       Humanisme

d.      Konstruktivisme

    40.  Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam di atur oleh ....

a.       Keputusan Menteri Agama RI No. 200 Tahun 2011

b.      Keputusan Menteri Agama RI No. 211 Tahun 2011

c.       Keputusan Menteri Agama RI No. 288 Tahun 2010

d.      Keputusan Menteri Agama RI No. 200 Tahun 2010

    41.  Perhatikan langkah langkah di bawah ini

1)     Pemberian rangsangan (Stimulation); Pernyataan/Identifikasi masalah

2)     (Problem Statement); Pengumpulan data (Data

3)     Collection); Pembuktian (Verification), dan Menarik simpulan/generalisasi

4)     (Generalization).

model pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah di atas adalah ....

a.       Discovery learning

b.      Inquiry Learning

c.       Problem Based Learning

d.      Project Based Learning

    42.  Komponen Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran terdiri dari ....

a.       Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

b.      Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

c.       Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

d.      Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran

    43.  Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :

1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,

2) Mendesain Perencanaan Proyek,

3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),

4) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),

5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),

6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).

a.       1-3-2-4-5-6

b.      1-3-2-5-6-4

c.       1-2-3-4-5-6

d.      1-4-3-2-5-6

    44.  Renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Dijabarkan dari....

a.       Silabus untuk pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD

b.      Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD

c.       Silabus untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD

d.      Silabus untuk mengarahkan ke­giatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD

    45.  Dalam mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran…

a.       portofolio

b.      saintifik

c.       penemuan

d.      autentik

    46.  Keterampilan abad ke-21 atau diistilahkan dengan 4C merupakan kemampuan sesungguhnya ingin dituju dengan Kurikulum 2013. 4C itu antara lain.....

a.       Communication, cooperative, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation

b.      conektivitas, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation

c.       Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation

d.      Communication, flexsible, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation

    47.  Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah ….

a.       Role playing

b.      Inquiry

c.       Problem Solving

d.      Picture and Picture

    48.  Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar melalui cara-cara berikut, kecuali ….

a.       Coba-ralat (trial and error)

b.      Pendidikan langsung

c.       Identifikasi

d.      Observasi

     49.  Pembelajaran Kontekstual dianggap pembelajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah …

a.       Membangkitkan minat siswa.

b.      Merangsang siswa lebih aktif belajar.

c.       Memberi kesempatan siswa berkreasi.

d.      Membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan.

    50.  Berikut ini yang tidak termasuk kegiatan karya inovatif adalah ...

a.       Menemukan teknologi tepat guna

b.      Membuat/memodifikasi alat pembelajaran

c.       Mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal dan sejenisnya

d.      Publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan, dan buku pedoman guru


Link mengerjakan soal di sini

Download soal di sini

Download Kunci Jawaban di sini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers