Assalamu'alaikum Warahmatullahi wa barakatuh.... Sugeng rawuh wonten ing Blog PORTAL GPAI ( Coretan Kecil GPAI Jalur Selatan )...Kula hangaturaken maturnuwun sampun kersa pinarak... Mugi-mugi migunani tumrapipun Panjenengan sedaya....Jazakumullahu khairan...

Rabu, 24 Juli 2024

KKTP PAI BP SD


 

Assalamu'alaikum Sahabat Portal GPAI

KKTP adalah singkatan dari Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran salah satu istilah penting yang harus dipahami dalam konteks Kurikulum Merdeka. Dalam KKTP, pendekatan pembelajaran difokuskan pada bagaimana menilai apakah tujuan pembelajaran telah tercapai atau tidak. Ini mengacu pada penilaian yang berbasis pada pencapaian siswa terhadap tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Penekanan diberikan pada memastikan bahwa tujuan pembelajaran yang ditetapkan dapat diukur secara jelas dan dievaluasi dengan cara yang objektif.

Dalam Kurikulum Merdeka sendiri, ada beberapa pendekatan yang dapat digunakan untuk membuat KKTP, yaitu:

1. Deskripsi Kriteria

Pada pendekatan jenis ini, tenaga pendidik telah menetapkan serangkaian kriteria ketuntasan yang berhubungan dengan tugas, proyek akhir, atau apa pun yang hendak diukur. Pendidik dapat mengisi ceklis pada kriteria memadai untuk peserta didik yang dianggap telah memenuhi tujuan pembelajaran. Sebaliknya, jika ada peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran, pendidik bisa memberikan ceklis pada kriteria tidak memadai.

2. Pendekatan Rubrik

Pendekatan ini digunakan untuk menelaah sejauh mana peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran. Deskripsi pada pendekatan rubrik lebih komprehensif, di mana pendidik disarankan untuk mencantumkan kesimpulan pada akhir KKTP. Kesimpulan inilah yang menjadi penentu apakah peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran atau belum.

3. Skala atau Interval Nilai

Sebagai alternatif, sebagai alternatif, tenaga pendidik dapat menggunakan rentang atau interval nilai, misalnya 70-80, 81-90, dan sebagainya. Interval nilai itu harus tetap dilengkapi dengan deskripsi atau keterangan sehingga peserta didik paham alasan dirinya memperoleh nilai tersebut.

Sebagai contoh, 0-40% artinya belum mencapai tujuan pembelajaran dan siswa diharuskan remedial di seluruh bagian. Sementara untuk siswa yang meraih nilai 86-100% artinya sudah mencapai ketuntasan dan perlu pengayaan atau tantangan lebih.

Terkait hal tersebut, admin mencoba berbagi contoh KKTP untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk jenjang SD mengambil pendekatan skala atau interval nilai.  

Download KKTP PAI BP SD

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers