Assalamu'alaikum Warahmatullahi wa barakatuh.... Sugeng rawuh wonten ing Blog PORTAL GPAI ( Coretan Kecil GPAI Jalur Selatan )...Kula hangaturaken maturnuwun sampun kersa pinarak... Mugi-mugi migunani tumrapipun Panjenengan sedaya....Jazakumullahu khairan...

Selasa, 11 Desember 2018

Program Semester Genap PAI BP SD


Program semester merupakan penjabaran dari Prota sehingga program tersebut tidak bisa disusun sebelum tersusun Prota. Program semester berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut.
Langkah-langkah perancangan program semester setelah menyusun Prota adalah:

·         Menghitung jumlah Hari Belajar Efektif (HBE) dan Jam Belajar Efektif (JBE) setiap bulan dan semester dalam satu tahun.
·         Mendistribusikan alokasi waktu yang disediakan untuk suatu KD serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta review materi.
Sedangkan Target yang harus dicapai pada pemahaman KD:
  • Materi pokok yang sesuai dengan kompetensi dasar yang bersesuaian
  • Tingkat kedalaman materi yang dibahas pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang bersesuaian
  • Perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk membuat siswa kompeten terhadap kompetensi dasar yang bersangkutan
Guru selanjutnya menentukan alokasi waktu dari setiap Kompetensi Dasar (KD), yakni:
  • Alokasi waktu dirinci untuk setiap Kompetensi Dasar.
  • Alokasi waktu pembelajaran untuk setiap KD tergantung pada Kompleksitas KD, Keluasan KD, Strategi/metode pembelajaran, dan Alat, bahan, dan sumber belajar yang tersedia.
Berikut ini admin coba buat Program semester genap untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD. Bagi bapak/ibu Guru Pendidikan Agama islam yang berminat mencari referensi bisa download di sini.
Semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers