Menyikapi hal tersebut, berikut admin sampaikan contoh Buku Pedoman Guru yang pernah admin buat.
Semoga bermanfaat.
BUKU PEDOMAN GURU
(
RENCANA KERJA TAHUNAN )
SEMESTER
1 DAN 2
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
Disusun
oleh
SIGIT
PRIYO PRASETYANTO, S.Pd.I
NIP
: 19810901 200604 1 010
SD
NEGERI GESING
KORWILCAM
BIDDIK KECAMATAN TEPUS
DINAS
PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA
KABUPATEN
GUNUNGKIDUL
TAHUN
2018/2019
IDENTITAS
GURU
TAHUN KERJA
2018/2019
Nama : SIGIT PRIYO PRASETYANTO, S.Pd.I
Jenis Kelamin :
Laki-laki
NIP :
....................
NUPTK : ....................
Tempat/Tanggal Lahir : ....................
Pangkat/Golongan : ....................
Alamat Rumah : ....................
No Telpon : ....................
Unit Kerja : SD Negeri Gesing
Korwilcam
Bidang Pendidikan Kecamatan Tepus
Alamat Unit Kerja : Gesing, Purwodadi, Tepus, gunungkidul
LEMBARAN
PERSETUJUAN
Setelah
membaca dan mencermati Buku Pedoman Guru ( Rencana Kerja Tahunan ) Semester 1
dan 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 yang telah ditulis oleh:
Penulis : SIGIT PRIYO PRASETYANTO, S.Pd.I
NIP : ....................
Jabatan : Guru Pendidikan Agama Islam
Unit Kerja : SD Negeri Gesing
telah memenuhi syarat dan disetujui untuk digunakan sebagai pedoman
di tahun kerja tersebut pada :
Hari : Senin
Tanggal : 16 Juli 2018
Menyetujui dan mengesahkan:
Kepala Sekolah Penulis,
.................... SIGIT
PRIYO PRASETYANTO, S.Pd.I,
NIP. .................... NIP.
19810901 200604 1 010
KATA
PENGANTAR
Dengan mengucap syukur
Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan
hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan penulisan Buku Pedoman Guru Tahun Pelajaran
2018/2019 ini. Buku Pedoman Guru ini berisi rencana kerja penulis dalam setahun
untuk dipakai sebagai pedoman bagi penulis dalam melaksanakan tugas penulis
sebagai guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Gesing. Buku Pedoman Guru ini
semoga juga bermanfaat bagi teman sejawat sebagai perbandingan dalam menyusun
Buku Pedoman Gurunya.
Dalam penyusunan Buku Pedoman Guru
ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih
penulis ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada Kepala SD Negeri
Gesing, Bapak Pengawas Pendidikan Agama islam Kecamatan Tepus, Rekan-rekan Guru
SD Negeri Gesing dan semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan
ini selesai. Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan buku ini masih jauh dari kesempurnaan,
maka dari itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak
selalu penulis harapkan.
Tepus, Juli 2018
Penulis
DAFTAR
ISI
Halaman Judul .................................................................................................................... i
Identitas Diri.......................................................................................................................
ii
Lembaran Persetujuan ........................................................................................................ iii
Kata Pengantar ................................................................................................................... iv
Daftar Isi ............................................................................................................................ v
BAB.
I PENDAHULUAN
A.
Tujuan .......................................................................................................................... 2
B.
Target-target
Capaian ................................................................................................... 2
BAB. II RINCIAN RENCANA
KERJA
A.
Rencana
Kerja .............................................................................................................. 3
1.
Kompetensi
Pedagogik ........................................................................................... 3
2.
Kompetensi
Kepribadian ........................................................................................ 4
3.
Kompetensi
Profesional .......................................................................................... 4
4.
Kompetensi
Sosial .................................................................................................. 4
B.
Rincian
Kegiatan di Tahun 2018/2019 ......................................................................... 5
BAB. III PENUTUP
A.
Ringkasan
Rencan Kegiatan ......................................................................................... 7
B.
Ringkasan
Rencana Target ......................................................................................... 7
LAMPIRAN
A.
Kalender
Pendidikan 2018/2019
B.
Hari
Efektif, Efektif Fakultatif dan Libur Sekolah 2018/2019
C.
Program
Semester
D.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
E.
Skenario
Kegiatan
BAB
I
PENDAHULUAN
Definisi
pendidikan menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentnag Sistem Pendidikan
Nasional ( Sisdiknas ) disebutkan bahwa : Pendidikan adalaj usaha sadar dan
terencana untuk mewujudkakn suasana
belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan
spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia,
serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
Selain
hal itu juga menyebutkan bahwa :” Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab”.
Dalam
rangka mencapai tujuan pendidikank nasional tersebut dibutuhkan berbagai
perangkat, kuikulum, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang professional.
Dalam Permendiknas No 16 tahun 2007 tentang Standar Guru Sekolah/Madrasah, standar minimal kompetensi
guru meliputi 4 dimensi kompetensi yaitu :
1. Kompetensi Pedagogik
2. Kompetensi Profesional
3. Kompetensi Kepribadian
4. Kompetensi Sosial
Ada dua hal yang harus diperhatikan oleh
seorang guru. Pertama, dalam UU No 14/2005 ada satu hal yang diatur tentang
kriteria seorang pendidikn professional adalah seorang yang memiliki 4
kompetensi :
1. Kompetensi Pedagogik ( merencanakan,
melaksanakan, mengevaluasi proses pembelajaran ).
2. Kompetensi Profesional ( materi, subjek,
ICT, PTK ).
3. Kompetensi Kepribadian (idealism,
dedikasi, evaluasi kinerja sendiri, menerima kritik)
4. Kompetensi Sosial ( berkomunikasi,
berkontribusi terhadap pengembangan pendidikan, memanfaatkan ICT )
Kedua,
tentang standar Nasional Pendidikan, PP 19/2005 Pasa 14 menuntut : Proses
pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi,
untuk aktif, kreatif, mandiri, sesuai bakat, minat dan perkembangan fisik dan
psikologis peserta didik.
Seiring
dengan hal tersebut di atas, guru harus mengacu pada standar proses yang
meliputi pada perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengawasan.
A.
Tujuan
Pembuatan Rencana Kerja Tahunan
1.
Menyelaraskan
visi, misi dan strategi guru sebagai pengajar dan pendidik dengan visi,
misi,strategi dan tujuan pendidikan nasional.
2.
Untuk
meningkatkan/ memperbaikai kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi proses
pembelajaran.
3.
Sebagai
pedoman dan acuan bagi guru dalam melaksanakan tugas sehari-hari secara akurat
dan pengembangan profesinya.
4.
Sebagai
pedoman guru dalam PKB
5.
Sebagai
pegangan Kepala Sekolah/ Guru Penilai dalam menlaksanakan penilaian kinerja
guru.
B.
Target-target
Capaian
Buku Pedoman Guru ini diharapkan
dapat membantu guru/penulis dalam mencapai target-target yang ingin dicapai di
tahun pelajaran 2018/2019 ini. Adapun target-target tersebut yaitu tersusunnya:
1.
Perangkat
Pembelajaran yang meliputi:
a)
Kalender
Pendidikan
b)
Rencana
Minggu Efektif
c)
Analisis
SK/KD atau Analisis Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
d)
KKM
e)
Program
tahunan
f)
Program
Semester
g)
Silabus
h)
RPP
(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
i)
Program
Penilaian
j)
Laporan
Pengolahan Nilai
2.
Buku
Pedoman Guru
3.
Soal-Soal
Try Out Ujian Nasional, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Semester, Ujian
Sekolah
4.
Laporan
Penelitian Karya Tulis Ilmiah dan diseminarkan
5.
Makalah
untuk kegiatan Seminar KTI
6.
Mengikuti
kegiatan Seminar/Workshop
7.
Membuat
Alat Peraga Pembelajaran
8.
Modul/Diktat
kelas I kurikulum 2013
9.
Membimbing
siswa dalam kegiatan MTQ Tahun 2018
10. Membimbing siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler BTA
BAB
II
RINCIAN
RENCANA KERJA
A.
Rencana
Kerja
Rencana kerja
merupakan rencana guru dalam meningkatkan
kompetensinya sebagai guru. Di
dalam Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen disebutkan bahwa
kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang
harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan
tugas keprofesionalan.
Ada 4 (empat)
kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap guru yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian,
kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Kompetensi pedagogik adalah
kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Kompetensi
kepribadian adalah kemampuan guru yang memiliki kepribadian mantap, berakhlak
mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik. Kompetensi
profesional adalah kemampuan guru dalam penguasaan materi pelajaran secara luas
dan mendalam. Kompetensi sosial adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan
berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru,
orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.
1.
Kompetensi
Pedagogik
Dalam
kompetensi pedagogik guru dituntut untuk memiliki kemampuan mengelola kegiatan
pembelajaran. Kemampuan guru ini meliputi penguasaan guru tentang
karakterisitik peserta didiknya, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik. Kompetensi pedagogik juga menuntut guru agar mampu
mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan pembelajaran yang mendidik,
mengembangkan potensi peserta didik, berkomunikasi yang baik dengan peserta
didik, dan mampu melakukan penilaian dan evaluasi.
Rencana kerja
penulis untuk meningkatkan kompetensi pedagogik yaitu melalui penyusunan
perangkat pembelajaran yang meliputi: Kalender Pendidikan, Rencana Hari Belajar
Efektif, Analisis Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, Program tahunan,
Program Semester, Silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Program
Penilaian. Selanjutnya dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah
disusun, dilanjutkan dengan kegiatan evaluasi dan penilaian hingga diperoleh
hasil berupa Laporan Pengolahan Nilai, dan Kumpulan Soal-Soal Try Out Ujian
Nasional, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Semester, Ujian Sekolah yang
dilengkapi dengan kisi-kisi dan dianalisis.
2.
Kompetensi
Kepribadian
Dalam
kompetensi kepribadian guru dituntut untuk memiliki kepribadian yang mantap, berahlak
mulia, arif dan berwibawa serta menjadi teladan bagi peserta didiknya. Guru
dalam bentindak harus sesuai dengan norma agama yang dianutnya, harus sesuai
dengan hukum, sosial dan kebudayaan nasional. Prilaku guru menunjukkan pribadi
yang dewasa dan menjadi teladan terutama bagi peserta didiknya. Etos kerja dan
tanggung jawab yang tinggi serta memiliki rasa bangga menjadi guru.
Rencana kerja
penulis untuk meningkatkan kompetensi kepribadian yaitu melalui Penyusunan Buku
Pedoman Guru ini penulis berharap dapat menjadi contoh baik bagi siswa atau
rekan sesama guru tentang etos kerja dan tanggung jawab penulis sebagai guru.
Untuk kegiatan sehari-hari dalam hal kehadiran, terutama di kelas penulis akan
berusaha untuk lebih tepat waktu, demikian juga untuk kegiatan keagamaan
misalnya melaksanakan sholat jamaah di waktu dhuhur bersama-sama dengan siswa.
3.
Kompetensi Profesional
Dalam
kompetensi profesional kemampuan guru dalam penguasaan materi pelajaran harus
luas dan mendalam. Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan
yang mendukung guru sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Kemampuan
keprofesionalan guru dapat dikembangkan melalui tindakan reflektif seperti
kegiatan Penelitian Tindakan Kelas atau yang sejenisnya.
Rencana kerja
penulis untuk meningkatkan kompetensi profesional yaitu melalui penyusunan
Artikel Ilmiah dan diterbitkan dalam Jurnal Pendidikan, Laporan Penelitian
Karya Tulis Ilmiah, Makalah untuk kegiatan Seminar KTI, Modul/Diktat kelas I
kurikulum 2013, dan membuat Alat Peraga Pembelajaran
4.
Kompetensi Sosial
Dalam kompetensi sosial guru dituntut
untuk memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif
dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orangtua/wali peserta didik, dan
masyarakat sekitar. Guru harus bisa bersikap inklusif, bertindak obyektif,
serta tidak diskriminatif. Guru harus memiliki kemampuan yang baik dalam
berkomunikasi dengan sesama guru, dengan tenaga kependidikan, dengan orang tua,
peserta didik, dan masyarakat.
Rencana kerja
penulis untuk meningkatkan kompetensi sosial melalui kegiatan membimbing siswa
dalam meningkatkan prestasi belajarnya terutama dalam menghadapi Ujian Sekolah Berstandar
Nasional, menjadi peserta dalam kegiatan Seminar/Workshop baik di sekolah atau
di luar sekolah, dan membimbing guru SD Negeri Gesing dalam penyusunan KTI, maupun penyusunan
Laporan Pengembangan Diri.
B.
Rincian
Kegiatan di Tahun 2018/2019
Berdasarkan
uraian di atas penulis menyusun rincian rencana kerja di tahun 2018/2019 sebagaimana
dalam tabel di halaman berikut:
No
|
Jenis
Kompetensi Guru
|
Rencana Kerja
|
Perkiraan
Waktu
|
1
|
Pedagogik
|
1.
Menyusun
Perangkat Pembelajaran yang meliputi:
a.
Kalender
Pendidikan
b.
Rencana
Hari Belajar Efektif
c.
Analisis
SK/KD atau Analisis Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
d.
KKM
e.
Program
Tahunan
f.
Program
Semester
g.
Silabus
h.
RPP
(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
i.
Program
Penilaian
j.
Laporan
Pengolahan Nilai
2.
Membuat
Jurnal Pembelajaran
3.
Membuat
kisi-kisi dan Soal-Soal Try Out Ujian Nasional,
4.
Membuat
kisi-kisi Penilaian Akhir Tahun
|
· Juli 2018
· Juli 2018
· Februari 2019
· April 2019
|
2
|
Kepribadian
|
1.
memiliki
kepribadian yang mantap, berahlak mulia, arif dan berwibawa serta menjadi
teladan bagi peserta didiknya
2.
Hadir
ke sekolah tepat waktu sesuai dengan PP no 53 tahun 2010
3.
Pulang
dari sekolah tepat waktu
4.
Masuk
kelas tepat waktu
5.
Berpakaian
rapi
6.
Melaksanakan
shalat berjamaah dzuhur bersama peserta didik
7.
Ramah
terhadap peserta didik
|
|
3
|
Profesional
|
1.
Membuat
Karya Tulis Ilmiah
2.
Membuat
alat peraga pembelajaran
3.
Membuat
Modul/Diktat
4.
Membuat
Buku Pedoman Guru
5.
Membuat
administrasi Guru
|
· Maret 2018
· Januari 2018
· Juli 2018
· Januari 2019
· Juli 2018
· Juli 2018
· Januari 2019
|
4
|
Sosial
|
1.
Ikut
serta dalam kegiatan yang diadakan di sekolah
2.
Ikut
serta dalam kegiatan sosial
3.
Membimbing
siswa pada kegiatan ekstrakurikuler BTA
4.
Membimbing
siswa dalam menghadapi USBN
5.
Ikut
serta dalam kegiatan seminar/workshop
|
· Tentatif
· Setiap Minggu
· Juli 2018 – April 2019
· November 2018 – Maret 2019
· Tentatif
|
BAB
III
PENUTUP
A. Ringkasan Rencana
Kegiatan
Rencana kerja
merupakan rencana guru dalam meningkatkan
kompetensinya sebagai guru.
meliputi kompetensi pedagogik,
kepribadian, professional, dan sosial. Rencana untuk meningkatkan kompetensi
pedagogik melalui penyusunan perangkat pembelajaran yang meliputi: Kalender
Pendidikan, Rencana Hari Belajar Efektif , Analisis Kompetensi Inti dan
Kompetensi Dasar, Program Tahunan, Program Semester, Silabus, RPP (Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran), Program Penilaian, Laporan Pengolahan Nilai, dan
Kumpulan Soal-Soal yang dilengkapi dengan kisi-kisi dan dianalisis. Rencana
penulis untuk meningkatkan kompetensi kepribadian melalui penyusunan Buku
Pedoman Guru untuk menjadi contoh baik bagi siswa atau rekan sesama guru
tentang etos kerja dan tanggung jawab guru. Kehadiran terutama di kelas lebih
tepat waktu, melaksanakan sholat jamaah diwaktu dhuhur bersama-sama dengan
siswa.
Untuk
meningkatkan kompetensi profesional rencana penulis melalui penyusunan Laporan Penelitian Karya Tulis Ilmiah,
Makalah untuk kegiatan Seminar KTI, Modul/Diktat kelas I kurikulum 2013, dan
membuat Alat Peraga Pembelajaran. Rencana untuk meningkatkan kompetensi sosial
melalui kegiatan membimbing siswa dalam meningkatkan prestasi belajarnya
terutama dalam menghadapi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional, menjadi peserta dalam
kegiatan Seminar/Workshop baik di sekolah atau di luar sekolah, dan membimbing
guru SD Negeri Gesing dalam penyusunan
KTI, maupun penyusunan Laporan Pengembangan Diri.
B. Ringkasan
Rencana Target
Rencana target
di tahun 2018 yaitu menyusun Perangkat
Pembelajaran, membuat Laporan Pengolahan Nilai, menyusun Buku Pedoman Guru,
menyusun Soal-soal Try Out Ujian Nasional, Ulangan Tengah Semester, Ulangan
Semester, Ujian Sekolah, melakukan Penelitian untuk Karya Tulis Ilmiah dan
diseminarkan, menyusun Makalah untuk kegiatan Seminar KTI, menjadi peserta dalam
kegiatan Seminar/Workshop, membuat Alat Peraga Pembelajaran, menyusun
Modul/Diktat kelas I kurikulum 2013, membimbing guru SD Negeri Gesing dalam penyusunan KTI/Laporan Pengembangan Diri.
Guru sebagai
tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting
dalam mencapai visi pendidikan yaitu menciptakan insan Indonesia cerdas dan
kompetitif. Oleh karena itu, profesi guru harus dikembangkan sebagai profesi
yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun
2005 tentang Guru dan Dosen.
Konsekuensi
dari jabatan guru sebagai profesi, diperlukan suatu sistem pembinaan dan
pengembangan terhadap profesi guru secara terprogram dan berkelanjutan. Pengembangan
keprofesian berkelanjutan (PKB) merupakan salah satu kegiatan yang dirancang
untuk mewujudkan terbentuknya guru yang profesional. Buku ini merupakan Pedoman
Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk digunakan sebagai acuan
dalam melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan, baik oleh
guru, tim penilai, maupun pemangku kepentingan (stake holder).
Sesuai dengan
amanat Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka
Kreditnya, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)sebagai salah satu unsur
utama selain kegiatan pembelajaran/pembimbingan dan tugas tambahan lain yang
relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang diberikan angka kredit untuk
kenaikan pangkat/jabatan fungsional guru. Harapannya melalui PKB akan terwujud
guru yang profesional yang bukan hanya sekedar memiliki ilmu pengetahuan yang
kuat, tuntas dan tidak setengah-setengah, tetapi tidak kalah pentingnya juga
memiliki kepribadian yang matang, kuat dan seimbang.
Dengan
penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kuat, tuntas dan tidak
setengah-setengah serta kepemilikan kepribadian yang prima, maka diharapkan
guru terampil membangkitkan minat peserta didik kepada ilmu pengetahuan dan
teknologi melalui penyajian layanan pendidikan yang bermutu. Mereka mampu
membantu dan membimbing peserta didik untuk berkembang dan mengarungi dunia
ilmu pengetahuan dan teknologi yang secara cepat berubah sebagai ciri dari
masyarakat abad ke-21.
PKB adalah
pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan,
bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalismenya. Dengan demikian,
guru dapat memelihara, meningkatkan, dan memperluas pengetahuan dan
keterampilannya untuk melaksanakan proses pembelajaran secara profesional.
Pembelajaran yang berkualitas diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan,
keterampilan, dan pemahaman peserta didik.
PKB adalah
bagian penting dari proses pengembangan keprofesian guru yang merupakan tanggung-jawab
guru secara individu sebagai masyarakat pembelajar. Oleh karena itu, kegiatan
PKB harus mendukung kebutuhan individu dalam meningkatkan praktik keprofesian
guru dan fokus pada pemenuhan dan pengembangan kompetensi guru untuk mendukung
pengembangan karirnya. Kegiatan ini dapat mencakup kegiatan sebagai berikut.
1.
Pengembangan
diri untuk mencapai kompetensi dasar yang disyaratkan bagi profesi guru.
2.
Pengembangan
diri untuk pendalaman dan pemutakhiran pengetahuan dan keterampilan yang
berkaitan dengan kompetensinya sebagai guru.
3.
Peningkatan
keterampilan dan kemampuan guru untuk menghasilkan publikasi ilmiah dan/atau
karya inovatif.
4.
Peningkatan pengetahuan dan keterampilan untuk
melaksanakan tugas-tugas tambahan yang menunjang pengembangan karirnya sebagai
guru.
5.
Kegiatan
lain yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan guru saat ini dan di masa
mendatang.
Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
BalasHapusMohon untuk bisa di copy atau di download pak terimakasih