Assalamu'alaikum Warahmatullahi wa barakatuh.... Sugeng rawuh wonten ing Blog PORTAL GPAI ( Coretan Kecil GPAI Jalur Selatan )...Kula hangaturaken maturnuwun sampun kersa pinarak... Mugi-mugi migunani tumrapipun Panjenengan sedaya....Jazakumullahu khairan...

Rabu, 13 Desember 2023

Aplikasi Raport IKM Semester Ganjil


 

Assalamu'alaikum wr.wb.

Semangat pagi Sahabat Portal GPAI

setelah sebelumnya admin berbagi aplikasi rapor untuk kurikulum 2013, saat ini admin akan berbagi aplikasi rapor kurikulum merdeka. Semoga keberadaan aplikasi ini memudahkan dan membantu bapak/ibu guru dalam melaksanakan input data hasil asesmen.

Adapun panduan penggunaan Aplikasi Raport Implementasi Kurikulum Merdeka akan admin coba uraikan cara praktis dan mudah menggunakan aplikasi Raport Implementasu Kurikulum  Merdeka berbasis excel berikut ini

  1. Buka file "APLIKASI RAPOR IKM.xlsm"
  2. Akan ditampikan menu utama aplikasi. Mulailah secara berurutan dari kiri ke kanan.
  3. Di sheet "DATA SEKOLAH" diisi data Sekolah, nantinya ini akan tercetak di laman raport, dan penandatangan raport. Untuk mengisi data kelas tinggal pilih saja, kalau di ketik manual tidak bisa.
  4. Di sheet "DATA SISWA" diisi data siswa, isikan juga data kehadiran siswa. Tips:  Cara Cepat Copy Data Siswa Dapodik Ke Aplikasi Raport Excel
  5. Sheet "INTRAKURULER" untuk mengisi data Mapel, silahkan isikan sesuai mapel yang ada pada Kurikulm Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) sekolah masing-masing.
  6. Sheet "EKSTRAKURIKULER" untuk mengisikan pogram ekstrakurikuler yang diberikan di sekolah Anda.
  7. Sheet "TP dan Lingkup Materi" silahkan masukan data Tujuan Pembelajaran (TP) dan Lingkup Materi tiap mata pelajaran untuk satu semester ini.
  8. Sheet "TP" untuk mengisikan data TP, namun perlu diperhatikan yang dimasukan disini bukan TP lengkap, namun rangkuman atau poin pentingnya. Ini akan digunakan untuk membuat nilai deskripsi raport kurikulum merdeka. Disini lingkup materi saya coba samakan dengan Topik per Bab. (Mohon koreksi)
  9. Pada Deskripsi Penilaian Ekstrakulier diisi pilihan sesuai dengan pilihan siswa. Pada deskripsi ekstrakurikuler tuliskan capaian pembelajaran siswa dalam program ekstrakurikuler yang dipilihnya secara kualitatiF. Contoh deksripsi "Baik, mampu menerapkan Dwi Darma maupun Dasa Darma, Cakap memahami sejarah dan teknik kepramukaan"
  10. Pada Input Asesmen Formatif pada aplikasi ini adalah masukkan nilai tiap TP 
  11. Pada Form Isian Deskripsi 
  • Pada Kolom Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) , pilih '0' jika siswa tidak memenuhi KKTP, Pilih '1' jika siswa memenuhi KKTP. Bisa juga diketikkan langsung angka 1 atau 0
  • Pada Kolom Tampil/Tidak, pilih '0' jika tidak ingin menampilkan TP tersebut di deskripsi rapor, pilih '1' jika ingin menampilkan TP di deskripsi rapor. Bisa juga diketikkan langsung angka 1 atau 0
 Contoh:
Pada TP 1, siswa mencapai KKTP tapi tidak ingin ditampilkan dalam rapor. Pilih KKTP = 1, dan Tampil/Tidak = 0.
Pada TP 2, siswa tidak mencapai KKTP tapi ingin ditampilkan dalam rapor. Pilih KKTP = 0, dan Tampil/Tidak = 1.
Isilah hanya pada TP yang diinginkan masuk dalam deskripsi rapor

12.   Untuk memasukan nilai Sumatif pada aplikasi ini adalah per lingkup Materi, bukan per TP. 
    Asesmen Sumatif dilaksanakan tiap akhir lingkup materi dan/atau akhir semester.

  • Asesmen Sumatif Akhir Semester tidak wajib untuk dilakukan, kewenangan diserahkan pada sekolah.
  • Isilah dengan nilai kuantitatif sejumlah asesmen sumatif yang sudah dilakukan (tidak harus diisi semua)
  • Bentuk asesmen sumatif tidak hanya tes tulis saja bisa beragam (proyek, unjuk kerja, observasi, dll.)

13.   "Nilai Akhir Asesmen Sumatif" Ini adalah rangkuman hasil penilaian asesmen sumatif akhir lingkup materi dan/15.atau sumatif akhir semester. Tidak perlu dilakukan perubahan apapun.
14.   Cetak Sampul raport, tinggal ketik sesuai nomor absen atau cukup klik tombol spin button.
15.   Sheet "Cetak Raport" untuk mencetak raport, seperti cetak sampul rapot cukup ketik nomor absen, maka nilai data data siswa akan muncul otomatis pada sheet ini dan siap di cetak.

  1. Untuk melihat hasil sebelum di print Klik "Print Preview"
  2. Untuk mencetak rapor, klik "Print Out"
  3. Jika tombol tidak berfungsi, cek di bagian atas biasanya  ada Security Warning Macros have been disabled.  Untuk mengaktifkannya, klik "Enable Content" di sebelah pesan tersebut.

16.   Disini juga sudah dilengkapi lembar "Keterangan Mutasi". Di Print saja, nanti jika mutas di tulis manual saja.

 

Kiranya itu yang bisa saya share pada postingan kali ini tentang Aplikasi Raport Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Excel  dan bagaimana cara menggunakanya dengan mudah.

Download aplikasinya di sini.

Semoga bermanfaat

1 komentar:

  1. ustaz 1 yang kurang di aplikasinya tidak ada leger raport

    BalasHapus

Followers