Assalamu'alaikum Warahmatullahi wa barakatuh.... Sugeng rawuh wonten ing Blog PORTAL GPAI ( Coretan Kecil GPAI Jalur Selatan )...Kula hangaturaken maturnuwun sampun kersa pinarak... Mugi-mugi migunani tumrapipun Panjenengan sedaya....Jazakumullahu khairan...

Minggu, 19 Juli 2020

Materi PAI Kelas 1 Tema Kasih Sayang

Tujuan Pembelajaran :
Setelah Pembelajaran peserta didik mampu : 
1. menceritakan kisah singkat Nabi Muhammad saw,  menyebutkan kasih sayang Nabi Muhammad saw dan menunjukkan sikap kasih sayang Nabi Muhammad saw.
2. Peserta didik mampu Melafalkan ar-Rahman dan ar-Rahim;Mengartikan ar-Rahman dan ar-Rahim; Menyebutkan kasih sayang Allah Swt.

Materi Pelajaran 
A. Kasih Sayang Nabi Muhammad SAW
Nabi Muhammad SAW adalah Rasul yang terakhir. Beliau lahir di kota Mekah. Ayahnya bernama Abdullah dan ibunya bernama Aminah.
Sejak kecil Nabi Muhammad SAW memiliki sifat kasih sayang kepada siapapun hingga akhir hayatnya. Salah satu contoh kasih sayang Nabi Muhammad saw adalah Rasulullah dengan pengemis tua yang buta. 
Walau pengemis tua itu selalu mengejek dan menjelekannya tapi Rasulullah tetap menyayangi pengemis tersebut dengan bersabar menyuapinya setiap hari. Ketika Rasulullah wafat kebiasaan itu dilanjutkan oleh sahabatnya yaitu Abu Bakar Ash shiddiq dan pengemis itu merasa heran karena yang menyuapinya saat ini berbeda dengan yang biasanya yang selalu lembut dan penuh kasih sayang. 
Akhirnya Abu bakar memberi tahu bahwa yang biasa menyuapinya setiap hari sudah wafat meninggalkan kita semua. Dialah Rasulullah Muhammad saw mendengar kabar itu sang pengemis tua menangis dan menyesal telah menjelekkan Rasulullah yang sangat menyayanginya. Begitulah Rasulullah yang sangat penyayang dan selalu bersabar dalam keadaan apapun.
Ayo Kerjakan
1. Rasul terakhir adalah .... 
    a. Nabi Nuh as
    b. Nabi Ismail as
    c. Nabi Muhammad saw
2. Nabi Muhammad lahir di kota... 
    a. Mekah
    b. Madinah
    c. Jeddah
3. Ketika ada teman kita yang terkena musibah maka kita harus... 
    a. tidak memperdulikan
    b. membiarkan
    c. menolong
4. Jika ada teman kita yang berbuat salah kepada kita maka kita harus... 
    a. memaafkan
    b. membalas
    c. memarahi
5. Dari cerita pengemis tua dan Rasul maka contoh yang bisa diteladani adalah... 
    a. Menyayangi yang kuat
    b. Menyayangi yang kaya
    c. Menyayangi yang lemah

B. Kasih Sayang Allah SWT
Ar-Rahman dan Ar-Rahim termasuk Asmaul HusnaAsmaul husna  artinya Nama–nama Allah yang baik.
1. Ar-Rahman artinya Allah Maha Pengasih
Allah menciptakan Bulan, Matahari, Langit, bintang, Sungai, binatang, Gunung dan seluruh alam ini untuk kepentingan Makhluknya

2. Ar-Rahim artinya Maha Penyayang
Allah menyayangi orang-orang yang beriman.
Cara bersyukur kita dengan kasih sayang Allah adalah : kasih sayang dalam kehidupan yakni kasih sayang kepada diri sendiri, kasih sayang kepada teman, peduli terhadap alam sekitar.

Ayo Berlatih 
1. Ar Rahman artinya ....
Ar Rahim artinya ....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers